Selasa, 05 Januari 2016

Kelayakan Rencana Usaha

Jumat, 09 Oktober 2015

Mencari Peluang Bisnis

  • Peluang bisnis yang ditemukan (dibutuhkan atau diinginkan)
    1. Buka klinik
    2. Jasa laundry
    3. Cuci motor dan mobil
    4. Usaha toko obat
    5. Penyewaan alat pesta
    6. Sewa motor untuk ojek
    7. Rental mobil
    8. Sewa mobil antar jemput anak sekolah
    9. Air minum isi ulang    
    10. Ternak ayam
    11. Jual, juice buah
    12. Usaha bengkel  motor
    13. Jual gorengan
    14. Jual cendol bandung
    15. Broker rumah
    16. Jual kripik singkong
    17. Jasa penyalur fisoterapis home care service
    18. Menyewakan alat – alat fisioterapi
    19. Jual alat – alat kesehatan
    20. Jualan kelontong
    21. Jualan baju online
    22. Usaha potong kambing
    23. Ternak ikan
    24. Jual beli mobil
    25. Bengkel mobil
    26. Jual acessoris mobil
    27. Jualan nasi goreng
    28. Privat les anak- anak SD
    29. Toko obat herbal
    30. Usaha sablon

  • Peluang bisnis yang mungkin (possible, sesuai pendidikan, pengalaman, atau hobby)
    1. Buka klinik fisioterapis
    2. Toko obat
    3. Jual alat- alat fisioterapis
    4. Menyalurkan tenaga fisioterapis home care service
    5. Rental mobil
    6. Broker rumah
    7. Menyewakan alat- alat pesta
    8. Air minum isi ulang
    9. Cuci motor dan mobil
    10. Buka bengkel motor

  • Peluang bisnis yang murah (low cost, terjangkau modal atau pinjaman)
    1. Buka klinik fisioterapi
    2. Toko obat
    3. Menyalurkan tenaga fisioterapis home care services
    4. Menyewakan alat – alat fisioterapis
    5. Menyewakan alat pesta

  • Peluang bisnis terbaik (the best, mudah dikelola, laris atau laku dijual, mudah dibuat atau diadakan, laba atau untung)
    1. Bisnis yang akan dibuat : buka klinik fisioterapi
Alasan :
- prevalensi pasien stroke setiap tahun meningkat
- membutuhkan biaya yang tidak sedikit
- proses penyembuhan butuh waktu yang relatif lama.








Senin, 19 Oktober 2015
Merancang Aspek Organisasi


                                        KLINIK FISIOTERAPI SASANA HUSADA

A.    Latar belakang    
           Penyedia jasa layanan kesehatan mengalami persaingan yang ketat, seiring dengan perkembangan ilmu kedokteran yang semakin pesat dan kebutuhan manusia akan sarana kesehatan semakin meningkat. Dimana sarana kesehatan pemerintah maupun swasta semakin hari semakin  bersaing dalam meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada mayarakat. Pelayanan kesehatan disini yang tercakup  dalam pelayanan Fisioterapi , dimana Fisioterapi berperan aktif dalam upaya meningkatkan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional dengan menggunakan modalitas Fisioterapi yang sesuai . Klinik Fisioterapi Sasana Husada adalah fasilitas pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis / spesialis diselenggarakan yang lebih dari satu jenis tenaga kesehatan yang di pimpin oleh seorang tenaga medis.
           Mutu pelayanan kesehatan adalah tingkat dimana pelayanan kesehatan untuk individu maupun populasi mampu menghasilkan outcome pelayanan yang sesuai harapan dan konsisten dengan pengetahuan professional terkini . Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang di perolehnya sesuai yang diharapkan. Salah satu tantangan besar dalam pemberian pelayanan kesehatan adalah terpenuhinya harapan masyarakat akan mutu dan kapasitas pelayanan kesehatan. Secara umum Pelayanan kesehatan masyarakat yang tujuan utamanya adalah pelayanan preventif (pencegahan ) ,promotif (peningkatan kesehatan) , kuratif ( pengobatan ) dan rehabilitatif ( pemulihan ).

B.     Bidang Usaha
Bidang usaha Fisiotrapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang      ditujukan  kepada individu atau kelompok untuk mengembangkan , memelihara , gerak dan fungsi tubuh pada anggota gerak. Fisioterapi berperan aktif dalam memberikan kontribusi terhadap upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal, dalam mencegah, intervensi dan pemulihan gangguan gerak fungsional melalui proses fisioterapi.
Jenis tindakan fisioterapi meliputi ;
        .1.Short/Micro wave Diathermy
         2.Paraffin bath
         3.Ultra Sound
         4.Inhalasi /Nebulizer/Chest Physiotherapy
         5.Tens
         6.Cold Therapy
         7.Exercise Therapy
         8.Faradisasi /Galvanisasi
         9.Infra Red Radiation
       10.Traksi Lumbal /Cervical
       11.Manual Therapy dan Massage
       12.Edukasi dan konsultasi

C.     Badan hukum tahun berdiri
Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1363/Menkes/.SK/X11/2001   tentang Registrasi dan Ijin Praktek Fisioterapis.

D.    Alamat perusahaan
   Jln. Kyai maja No. 19 Blok C1 – Kebayoran Baru 12130
   Telp. ( 021 ) 7222410 & 7236391
    Fak  ( 021 ) 7256628
    E-mail : info@sasanahusada.com
                  www.sasanahusada.com

E.     Struktur organisasi
IFI ( Ikatan Fisiotearapi Indonesia)

F.      Nama Pemilik
Drs..Soehardi SmPh, Mm

G.    Pimpinan dan Karyawan









Senin, 23 November 2015

Rencana Pemasaran
RENCANA PEMASARAN

Cara Menarik Perhatian Konsumen
      Secara umum, untuk mulai memperkenalkan sebuah bisnis, pelaku bisnis harus rajin untuk mempromosikan bisnis yang sedang dijalani. Tak jarang para pemula sangat kewalahan untuk membuat bisnisnya dapat mudah diingat oleh konsumen.

Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Baru
     Banyak para pebisnis sukses yang mengatakan bahwa salah satu kunci sukses suatu bisnis terletak .pada penjualan, dan kunci sukses mendapatkan penjualan sesuai harapan terletak pada pemasaran. Oleh sebab itu, apabila Anda baru memulai bisnis tentunya Anda membutuhkan strategi pemasaran bisnis.

Meningkatkan pemasaran
     Awalnya media sosial instagram diciptakan sebagai media sosial untuk upload gambar maupun foto dari smartphone. Tidak berbeda dengan sosial media lainnya, namun saat ini fungsi instagram mulai bergeser seiring dengan banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan sosial media untuk keperluan pemasaran .

Menyusun Strategi Komunikasi
     Setiap pekerjaan pasti membutuhkan komunikasi baik dari pihak sesama penjual ataupun dari penjual kepada pembeli. Begitu juga dengan pemasaran bisnis yang membutuhkan komunikasi yang baik antara para penjual dengan pembeli. Komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan suatu.



Manfaat Pemasaran Online Bagi Keberhasilan Bisnis
     Salah satu bagian terpenting dalam menjalankan bisnis apapun itu adalah pemasaran. Pemasaran merupakan sebuah proses, mulai dari iklan yang membidik konsumen sesuai dengan barang maupun jasa yang ditawarkan dengan proses penjualan menyeluruh dan termasuk juga tindak lanjut setelah pembelian.

Konsep Dasar Untuk Manajemen Pemasaran
     Pemasaran pada dasarnya adalah suatu proses perpindahan barang maupun jasa dari seorang produsen ke tangan para konsumen. Pemasaran produk merupakan segala proses sosial manajerial dimana seorang individu dan kelompok memperoleh kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan serta bertukar sesuatu .

Mengoptimalkan Website Sebagai Media Pemasaran
     Memasarkan produk dan jasa secara online dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang sekarang .ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Tingginya angka para pengguna internet dan segala kemudahan yang ditawarkan untuk proses membuatnya menjadi primadona bagi banyak orang terutama
Pemasaran Tepat Untuk Bisnis Mebel dan  Furniture
Pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang belakangan ini sangat pesat, ditambah lagi dengan .... moredukungan teknologi yang terus maju, secara tidak langsung mendorong perusahaan mebel dan furniture agar berusaha meningkatkan produksinya. Selain itu, pelaku bisnis mebel dan furniture juga sebisa mungkin mempertahankan.

Langkah Sukses Dalam Membuat Strategi Pemasaran
     Dalam menjalankan sebuah bisnis, salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah .bagaimana seorang pemimpin atau pemilik bisnis menentukan arah atau strategi pemasaran untuk bisnisnya. Mengapa demikian? Karena, perencanaan untuk strategi pemasaran akan menjadi ujung tombak sekaligus penentu utama.


Pentingnya Strategi Pemasaran Untuk UKM
 Sebagian besar dari pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) berpendapat bahwa marketing atau pemasaran ..adalah jualan, padahal pengertian pemasaran belum tentu jualan. Pada dasarnya pemasaran merupakan strategi yang harus dipikirkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk. Ditengah persaingan yang ketat.











Rabu, 09 Desember 2015

Rencana Produksi

- Rencana produksi sbb;
Meminimalkan biaya.
Memaksimalkan layanan pelanggan
Meminimalkan dalam nilai produksi
Meminimalkan perubahan dalam nilai produksi  


- Proses perencanaan produksi
Informasi bahan / pembelian
Informasi operasional
rencana tehnik / proses
informasi penjualan & pemasaran
informasi keuangan


- Strategi tingkat produksi
lakukan produksi lebih awal dan simpan bila di butuhkan
tawarkan pengiriman produksi pada saat kapatas tersedia
gunakan usaha penawaran khusus.

- Strategi mengejar permintaan
Rekrut pegawai tambaha.
pemberhentian pekerja karena adanya penurunan permintaan produksi

- Pengendalian produksi
apakah setiap pesanan / pekerjaan dalam proses benar dapat ditentukan
apakah pengiriman pesanan sesuai jadwal
apakah semua catatan & laporan pengendalian produksi yg penting dipelihara untuk mencakup produksi sekarang dan masa depan.





Jumat, 25 Desember 2015


Rencana Keuangan


Tabel 1






Asumsi yg diperhitungkan





NoTahun012345
4Pengaruh Inflasi pertahun 10%10%10%10%10%
5Indek inflasi 1.00  1.10  1.21  1.33  1.46  1.61 
6Nilai sisa Kendaraan -    -    -    -    -    20,000 
7Nilai sisa Mesin -    -    -    -    -    40,000 
8Nilai beli brg mdl baru



 28,485,000 
9Biaya Operasi/Variabel 11,200,000  12,320,000  13,552,000  14,907,200  16,397,920  18,037,712 
10Bahan baku 10,000,000  11,000,000  12,100,000  13,310,000  14,641,000  16,105,100 
11Tenaga kerja langsung 500,000  550,000  605,000  665,500  732,050  805,255 
12Listrik/Air/Telp 500,000  550,000  605,000  665,500  732,050  805,255 
13Transportasi pemasaran 200,000  220,000  242,000  266,200  292,820  322,102 
14Biaya umum/Tetap    40,159,667  36,725,477  27,191,663  48,884,615  51,834,777 
15Administrasi & umum 150,000  165,000  181,500  199,650  219,615  241,577 
16Gaji 2,500,000  2,750,000  3,025,000  3,327,500  3,660,250  4,026,275 
17Biaya gedung kantor 14,000,000  15,400,000  16,940,000  18,634,000  20,497,400  22,547,140 
18Biaya Peralatan kantor 3,500,000  3,850,000  4,235,000  4,658,500  5,124,350  5,636,785 
19Total biaya umum 20,150,000  22,165,000  24,381,500  26,819,650  29,501,615  32,451,777 
20Bunga    5,440,000  (210,690) (12,182,654) -    -   
21Penyusutan    12,554,667  12,554,667  12,554,667  19,383,000  19,383,000 
22






23Pajak pertahun 30%30%30%30%30%
24Data-data penjualan
      


25% Kenaikan penjualan pertahun 
10%10%10%10%
26Penjualan/ Unit (Satuan)
4800 5,280  5,808  6,389  7,028 
27Harga/(unit,satuan)Rp.
 35,000  38,500  42,350  46,585  51,244 
28Biaya variabel per unit
 2,567  2,567  2,567  2,567  2,567 
29Investasi Barang Modal 68,000,000         Tarif beban penyusutan dari dirjen pajak 



30Gedung 14,000,000 5.0%5.0%5.0%5.0%5.0%
31Kendaraan 36,000,000 20.0%20.0%20.0%20.0%20.0%
32Mesin 10,000,000 20.0%20.0%20.0%20.0%20.0%
33Peralatan 8,000,000 33.3%33.3%33.3%33.3%33.3%
34Biaya Penyusutan Umur (Th)  12,554,667  12,554,667  12,554,667  19,383,000  19,383,000 
35Gedung 20  700,000  700,000  700,000  700,000  700,000 
36Kendaraan 5  7,196,000  7,196,000  7,196,000  7,196,000  7,196,000 
37Mesin 5  1,992,000  1,992,000  1,992,000  1,992,000  1,992,000 
38Peralatan 3  2,666,667  2,666,667  2,666,667  9,495,000  9,495,000 
39Skedul Pemb. Pinj & Bunga





40Saldo awal pinjaman ( 1 )80% 54,400,000  (2,106,900) (121,826,540) -    -   
41Arus Kas ( 2 )    61,946,900  119,508,950  146,735,765  182,020,799  222,558,302 
42Bunga pinjaman x (1) = ( 3 )10.0% 5,440,000  (210,690) (12,182,654) -   
43Pemb.pk pinjaman (2) - (3) = (4)
 56,506,900  119,719,640  (121,826,540) -   
44S/o akhir pinjaman (1) - (4) = (5)
 (2,106,900) (121,826,540) -   









Tabel 2






 PERKIRAAN LABA/RUGI DAN ARUS DANA 





N0URAIAN O  1  2  3  4  5 
1Volume Penjualan (Rp.000)  168,000,000  203,280,000  245,968,800  297,622,248  360,122,920 
2Penjualan tunai 70% 117,600,000  142,296,000  172,178,160  208,335,574  252,086,044 
3Penjualan Kredit 30% -    60,984,000  73,790,640  89,286,674  108,036,876 
4Penerimaan Penjualan
 117,600,000  203,280,000  245,968,800  297,622,248  360,122,920 
5Biaya 
6 - Biaya operasi/variabel  12,320,000  13,552,000  14,907,200  16,397,920  18,037,712 
7 - Biaya umum 22,165,000  24,381,500  26,819,650  29,501,615  32,451,777 
8Laba kotor 83,115,000  165,346,500  204,241,950  251,722,713  309,633,432 
9Penyusutan 12,554,667  12,554,667  12,554,667  19,383,000  19,383,000 
10Laba sblm bunga & pajak (Ebit) 70,560,333  152,791,833  191,687,283  232,339,713  290,250,432 
11Bunga 5,440,000  (210,690) (12,182,654) -    -   
12Laba sblm pajak (EBT) 65,120,333  153,002,523  203,869,937  232,339,713  290,250,432 
13Pajak 19,536,100  45,900,757  61,160,981  69,701,914  87,075,129 
14Laba bersih 45,584,233  107,101,766  142,708,956  162,637,799  203,175,302 
15Arus dana/kas (68,000,000) 61,946,900  119,508,950  146,735,765  182,020,799  222,558,302 
16Arus dana dr penjualan nilai sisa -    60,000 
17Arus dana pemb. Brg modal



(28,485,000)
18Total arus dana (68,000,000) 61,946,900  119,508,950  146,735,765  153,535,799  222,618,302 
19Saldo arus dana    (6,053,100) 113,455,850  260,191,615  442,212,414  664,770,716 
20Titik Plg Pokok (BEP) dlm Rp. 43,337,770  39,348,725  28,945,963  51,735,030  54,567,957 
21Titik Plg Pokok (BEP) dlm Unit 1,238.2  1,022.0  683.5  1,110.6  1,064.9 
22Net Present Value ( NPV ) 400,384,828  
   

23Internal Rate Of Return ( IRR )134.07%      


24Benefit cost ratio ( B/C Ratio ) 7.48 
   


25Payback periode10.36

Tidak ada komentar:

Posting Komentar